Rabu, 27 April 2011

Manusia Sukses Miliki 4 Kecerdasan

Ada 4 kecerdasan yang menjadi barometer seseorang dikatakan berhasil. Sebagaimana disampaikan Kasi Mapendaisum Drs Syukri, MSi dalam kegiatan Maulid Nabi Muhammad SAW, selaku Hamba Allah hendaknya meningkatkan 4 kecerdasan dalam beragama dan bermasyarakat.
Kecerdasan itu jelasnya, yakni cerdas spiritual yang ditandai dengan kualitas iman dan ibadah serta muamalah seseorang di tengah masyarakat.
Kemudian kecerdasan sosial yang ditandai dengan bagaimana seseorang berinteraksi dengan baik di tengah masyarakat.
Selain itu sambungnya, yakni kecerdasan intelektual yang akan membawa manusia memiliki daya cipta, karya, karsa, rasa. Dan kecerdasan emosional yang ditandai oleh keseimbangan emosional,
Selain itu sambung Syukri, untuk menciptakan kultur yang baik ditengah masyarakat dibutuhkan adanya kebersamaan, kekompakan terlebih itu merupakan sebuah ajaran yang sudah dituangkan dalam Al-Qur’an dan Al Hadits.
Sementara itu Ustads H Ahmad Arifin Lc–alumnus Madinah, dalam tausyiyahnya mengajak jajaran Kemenag untuk meneladani prilaku, perkataan dan penetapan Rasulullah yang terbebas dari hawa nafsu.
Kemudian hendaknya terus melakukan muhasabah (koreksi) secara pribadi dengan berwazan (menimbang diri) dari ajaran Al-Qur’an dan Hadits rasulullah.
Di zaman yang terus mengglobal ini kata Arifin, rasa persatuan hendaknya terus dijaga tentunya dimulai dari skup paling kecil dari keluarga dan tetangga. Kemudian kewajiban selaku umat muslim katanya, tentu terus meningkatkan kualitas ibadah baik yang wajib maupun sosial, kualitas keimanan dan kualitas diri sehingga bisa berprestasi.
“Hendaknya kita menjadi muslim prestatif yang berguna bagi orang lain, Karena sebaik-baik manusia adalah orang yang bermanfaat bagi orang lain” tandasnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar