Rabu, 27 April 2011

Kekuatan Dari “Takut” dan “Fokus”

Mengatasi Rasa TakutYuk, nyambung dari artikel sebelumnya “Nggak Harus Nunggu Tua untuk Bisa Kaya Raya” Di postingan ini, saya akan coba bahas tentang rahasia di balik kekuatan “takut” dan kekuatan dari “fokus”.

Selama ini saya berpartner dalam dunia usaha dengan banyak orang, rata-rata usia mereka jauh lebih tua dari saya, mulai dari teman SMA dan teman di Kampus, guru saya sendiri, dosen, dan pengusaha yang sudah memiliki perusahaan. So, jika di usia muda sudah bisa, ngapain nunggu kepala memutih?

Banyak anak muda ataupun tua yang takut dengan memulai usaha sendiri (ga jadi karyawan). Dan yang paling banyak rata-rata adalah “Takut GAGAL”! Why? Saya kira ini manusiawi. Setiap orang pasti memiliki rasa takut. Takut memulai, takut salah, takut ditolak, dan lain sebagainya.

Nah, saya kira tidak semua rasa takut itu “BURUK”. Fakta: anak sekolah yang “Takut Tidak Lulus UN” dia akan belajar dengan giat ketika menjelang UN. Jika dalam hari-hari biasanya jarang atau bahkan tidak pernah belajar, maka karena rasa takut itu menghampiri dia jadi sangat rajin. So, kita tidak perlu menghilangkan rasa takut tapi cobalah mengubahnya menjadi “kekuatan”.

Setelah kita bisa merubah rasa takut menjadi “Power” untuk “Be Super SELF” maka langkah selanjutnya adalah “mendatangkan FOKUS”. Jika anda pernah membaca buku yang berjudul “The Power Of Focus” anda akan sangat memahami kekuatan dari focus yang luar biasa. Sebuah teknik bagaimana melipat gandakan waktu cuti kita dan penghasilan tetap bahkan meningkat secara otomatis.

Fokus ke berbagai bidang secara bersamaan saya sarankan untuk dihindari, karena setiap pekerjaan butuh prioritas dan dikerjakan satu per satu. Mungkin anda memiliki tingkat fokus yang baik sehingga mampu mengerjakan dengan baik banyak hal secara bersamaan, tapi akan jauh lebih baik jika dikerjakan satu per satu. Saya jamin hasilnya akan jauh lebih baik.

Orang yang takut dengan hantu akan lari terbirit-birit jika mendengar suara-suara aneh di malam hari, lari layaknya Cristian Ronaldo atau Roberto Carlos, padahal kakinya sedang sakit karena luka tertusuk duri. Dia akan lupa bahwa kakinya sedang sakit begitu mendengar suara aneh. Dia fokus untuk menyelamatkan diri dan fokus mencari tempat berlindung hingga dia benar-benar berhasil mendapatkan rasa aman. So, rasa takut itu sebenarnya akan mendatangkan fokus untuk meraih keberhasilan! Titik! :-)

Banyak orang mengira bahwa saya sudah ekspert di dunia bisnis, beberapa orang sering memanggil saya “Pengusaha Muda” baik di facebook maupun di sms. Padahal, heuheui… punya apa sih? ^-^ Semua tak lain dan tak bukan karena memang saya sering bergaul dan bekerja sama dengan para pengusaha, baik yang sudah mapan maupun newbie seperti saya ini. Kata Bong Chandra “Jika Ingin Menjadi Singa, Bersahabatlah Dengan Singa!”

Setiap orang memiliki rasa takut, termasuk saya! Tapi kita tak perlu repot-repot mencari tips menghilangkan rasa takut. Cukup rubah rasa takut itu menjadi kekuatan untuk fokus meraih keberhasilan. Yakinlah bahwa keberhasilan, kesuksesan, kebahagiaan, dan apa pun itu adalah hak setiap orang, baik itu laki-laki, perempuan, beben (50% laki 50% wanita), muda maupun tua. Semua berhak atas semua itu!

Rasa takut adalah anugerah indah yang tuhan berikan kepada kita, bersyukurlah karena tuhan telah memberikan rasa takut ini kepada kita semua, karena dengan memiliki rasa takut kita paham tentang arti sebuah “keberanian!”

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar