Rabu, 20 April 2011

Software Google Untuk Melacak Pengguna Mobile !

latitude


Google telah mengumumkan aplikasi baru yang dapat membuat para pengguna ponsel berbagi lokasi mereka dengan keluarga atau teman. Dinamakan Google Latitude, teknologi ini merupakan sebuah fitur baru yang terintegrasi dengan Google Maps dan dapat digunakan pada ponsel ataupun sebagai sebuah gadget iGoogle yang dapat diinstal pada komputer Anda.

"Sekali Anda memilih Latitude, Anda dapat melacak posisi pasti dari teman Anda dan orang yang Anda cintai yang memutuskan untuk bebagi lokasi dengan Anda," kata Google.

"Jadi Anda dapat melihat apakah pasangan Anda terjebak macet dalam perjalanan pulang ke rumah, mengetahui apakah teman Anda sedang berada di dalam kota di akhir pekan atau sekedar mengetahui apakah orang yang Anda cintai telah mendarat dengan selamat, walaupun cuaca sedang buruk."

meonlat


Aplikasi baru ini juga mendaya gunakan seluruh armada jasa komunikasi yang ditawarkan Google, memungkinkan keluarga dan teman untuk terus berhubungan melalui SMS, Google Talk, Gmail atau dengan status update. Pengguna juga dapat mengganti foto profil dalam perjalanan.

Perusahaan yang berbasis di Mountain-View ini juga mengatakan bahwa mereka menyadari sensitifnya informasi tentang lokasi seseorang sehingga mereka mengemas fitur privasi yang mendetil ke dalam Google Latitude. Pengguna dapat menentukan secara persis siapa saja yang dapat melihat lokasi atau apa saja yang mereka lihat melalui Latitude.

"Sebagai contoh, jika Anda sedang berada di Roma. Daripada membiarkan posisi Anda terdeteksi dan terbagi secara otomatis, Anda dapat mengubah konfigurasi Anda secara manual — misalnya hanya menampilkan kunjungan Anda ke Air Terjun Niagara," kata Google. "Karena Anda mungkin tidak ingin bebagi informasi yang sama dengan semua orang, Latitude memungkinkan Anda mengubah konfigurasi Latitude secara perorangan. Jadi untuk setiap orang, Anda dapat berbagi lokasi yang tersedia atau lokasi sebatas level kota, atau Anda dapat meneymbunyikan lokasi Anda."

Saat ini Latitude sudah tersedia di 27 negara yang berbeda melalui Blackberry, S60 dan sistem operasi Windows Mobile via google.com/latitude. Dalam waktu dekta ini, Google juga berencana mengembangkan aplikasi untuk ponsel berbasis Android. Latitude juga akan datang ke iPhone "secepatnya" melalui Google Mobile App yang tersedia untuk di unduh di App Store, kata perusahaan.

Sementara itu, pengguna komputer dapat mengunjungi google.com/latitude pada desktop dan notebook untuk menginstall Latitude iGoogle gadget dan berbagi lokasi mereka dari komputer.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar