Rabu, 27 April 2011

Membuat Produk Digital (Informasi) Lebih Cepat Ala Lulu Kemaludin

Membuat produk digital sendiri atas nama Anda akan sangat menguntungkan, dan kabar baiknya untuk menciptakan sebuah produk digital itu tidaklah susah. Jika hingga saat ini anda masih menganggap bahwa membuat produk informasi atau produk digital adalah pekerjaan yang rumit dan sulit dan memakan waktu yang tidak sebentar, anda keliru besar. Saya yakin itu hanya karena tidak mengetahui cara yang benar dan cara yang cepat dan kurang berlatih saja.

Menjual produk digital sendiri tentu akan sangat menguntungkan karena keuntungan masuk 100% ke kantong anda tanpa membutuhkan lagi biaya produksi. dari sekian banyak orang yang belajar bisnis internet pasti akan mengeluh jika disuruh membuat ebook, alasannya hampir sama. Ga jago nulis, ga ngerti software yang digunakannya, bahkan ide untuk membuatnya pun masih belum ada. Padahal jika anda tahu cara yang sebenarnya, tidaklah serumit itu. Untuk sementara waktu saya akan share langkah utamanya saja, bagaimana membuat produk digital sendiri.

1. Temukan Market (Pilih yang paling Anda sukai, pilih yang mudah, kemudian pilih yang menghasilkan)
Bisnis internet sama saja dengan bisnis nyata pada umumnya, Anda harus menemukan kuadran mana yang ingin anda kuasai dan dimana anda akan bermain. Memang tidak ada batasan dimana anda akan bergerak dan Anda bebas saja mengambil semua market, anda boleh manfaatkan semua peluang, anda ambil semua kuadran untuk anda berkutit. Tapi saran saya, akan jauh lebih baik dan bijak jika Anda fokus kepada 1 market saja dulu. Dengan fokus ke satu bidang dimana anda akan menggelutinya dengan sangat serius dan tidak kelabakan.

Fokuslah pada apa yang anda kuasai, dimana anda adalah profesional di bidang tersebut dan hanya segelintir orang yang memilikinya. Fokuslah di kuadran dimana banyak orang yang ingin belajar hal tersebut, dan tak lain dan tak bukan belajar kepada Anda. Saya contohkan seperti ini, apa yang akan anda buat adalah sesuatu yang menguak sebuah pembelajaran yang memiliki nilai tambah dan dibutuhkan skill diatas rata-rata orang lain. Saya yakin, pasti akan selalu ada market yang ingin belajar atau mendapatkannya dari Anda. Akan ada banyak orang yang ingin memulai belajar dari dasar. Nah, yang penting di sini bukan siapa yang paling hebat dan dahsyat, tetapi siapa yang lebih cepat menawarkannya. Di sinilah dibutuhkan kejelian anda dalam menilai sebuah market atau peluang. Bagaimana cara membuat produk digital yang lebih cepat?

Bangun Networking

Apa maksudnya networking? Networking adalah membangun jaringan. No Networking = Not Working. Kenapa demikian? Karena skill anda akan bertambah lebih cepat jika anda bergaul dengan orang yang tepat, dengan orang yang memiliki tujuan atau kegemaran yang sama dengan anda. Jarang orang yang menyadari dengan cara kita berkumpul dengan orang, berteman, dan berkomunikasi dan menemukan orang-orang yang ahli dalam berbagai bidang itu bisa mempercepat kesuksesan. Dan tentu anda harus jeli, karena sesungguhnya itu adalah peluang. Dengan anda dekat dengan orang-orang yang profesional dan memiliki banyak keahlian yang beraneka ragam dengan sendirinya anda pun akan terbantu.

Peluang yang bisa kita ambil dalam hal ini adalah jika anda memiliki sedikit skill, atau belum terlalu PD. Maka anda tak perlu nekad dengan membuat produk digital atas dasar skill dan pengalaman pribadi saja. Anda bisa manfaatkan kekuatan orang-orang tersebut menjadi sebuah produk, anda angkat kisahnya, anda wawancarai kemudian tuangkan ke dalam bentuk audio, video atau ebook.

Hal ini akan membuat anda jauh lebih cepat memiliki produk sendiri dengan atas nama anda sendiri. Anda akan jauh lebih cepat memilikinya tanpa harus bertahun-tahun mempelajari dan mendalami skill anda terlebih dahulu. Jika pemikiran anda terbuka sekarang, maka ini adalah jalan untuk anda segera menyadarinya. Anda bisa memanfaatkan pengalaman, skill, dan pemikiran mereka untuk anda jadikan produk untuk anda jual.

Kendala lainnya, bagaimana jika tidak pandai bergaul? Nah, mulai sekarang belajarlah. Karena hal tersebut tidaklah serumit MAFIA (Matematika, Fisika dan Kimia). Anda biasakan, lambat laun pasti bisa. Namun jika itu juga membutuhkan waktu yang tidak sebentar bagaimana? Jika demikian gunakan cara cepat ke dua.

Gali Hobi Menjadi Potensi

Sekarang ikuti petunjuk saya, tulis 6 buah hobi yang paling Anda gemari dan sering anda lakukan (ayo, lakukan secara nyata, tulis di buku anda)

  1. ……………………………………………………………………………………
  2. ……………………………………………………………………………………
  3. ……………………………………………………………………………………
  4. ……………………………………………………………………………………
  5. ……………………………………………………………………………………
  6. ……………………………………………………………………………………

Sudah anda tulis? Sekarang, dari keenam hobi tersebut tulislah hobi yang paling sering anda lakukan, paling mudah dilakukannya dan tidak terlalu merepotkan anda. Misalkan begini, anda suka main bulu tangkis, tapi di rumah anda tidak memiliki raket, anda hanya main dengan cara meminjam. Nah, meskipun sering dilakukan, tapi ini ada kendala kan? Itu kira-kira maksud saya. Jika seperti itu jangan di masukan yah. Sekarang ayo, masukan 3 buah saja.

  1. ……………………………………………………………………………………
  2. ……………………………………………………………………………………
  3. ……………………………………………………………………………………

Oke, sekarang anda sudah memiliki 3 ide. Bagaimana? Mudah kan? Sekarang anda hanya perlu melakukan pengecekan apakah ide anda laku atau tidak di internet, ada yang mencari atau tidak.

2. Tentukan Ide yang Pas dan Tentukan Market Mana yang Sedang Lapar
Dari praktek poin pertama saja anda sudah memiliki 3 ide, betul tidak? Saya yakin bagi anda yang mempraktekan isi tulisan saya di atas akan benar-benar menemukannya dan akan sangat terbantu dengan informasi ini. Mari lanjutkan. Setelah Anda mendapatkan kuadran apa yang ingin Anda masuki, sekarang anda harus mulai memilah mana yang lebih mudah dilakukan, kemudian mana yang lebih menghasilkan dari ketiga ide tersebut. Caranya mudah saja, anda harus gunakan Google Keyword Tool. Di sana anda akan mengetahui seberapa banyak orang yang mencari ide yang tadi anda temukan di atas. Saya tidak akan membahas ini, karena saya sudah menjelasknannya secara gamblang pada bab 4 MEPSO – RumusSukses.com

Sekarang jika anda sudah mengetahui bagaimana prospek dari 3 ide anda, pilihlah mana yang lebih banyak dibutuhkan dan hanya memiliki kompetitor yang sedikit. Buatlah semenarik mungkin yang memaksa lebih banyak orang lagi untuk membeli produk tersebut. Saya yakin sekali bahwa dalam sebuah market, misalkan tentang bagaimana cara memodifikasi motor, di sana sangat banyak sekali yang bisa anda bahas. Dari sana saja anda sudah bisa mengkategorikan atau memilih berdasarkan jenis motor apa, apakah itu motor cross, motor matic, atau motor bebek. Setelah itu anda bisa berikan berbagai trik bagaimana memodifikasinya dari awal sampai selesai. Onderdil apa saja yang dibutuhkan, apa saja yang harus dilakukan, apa yang harus dihindari dan pertama tentu bagaimana cara memulainya.

Setelah jadi produk anda, buatlah judul produk anda yang penomenal. Misalkan saya membuat panduan bisnis internet bernama MEPSO alias MEsin Penambah Saldo Otomatis. Buatlah judul yang membuat orang sejenak berhenti dan memperhatikan apa yang anda tawarkan, bersifat provokasi, judul yang menunjukkan sebuah angka atau fakta atau hasil, judul yang menggambarkan perbandingan kontras. Intinya memiliki daya tarik seperti, “Cara Gila Make Over Your Motorcycle”

3. Buat dan Jual
Setelah rampung menentukan ide, judul dan isi. sekarang langsung anda kemas ke dalam bentuk yang ingin anda buat. Misal ebook, audio atau video. Setelah jadi, buatlah minisite kemudian anda presentasikan, contoh silakan kunjungi rumussukses.com untuk melihat contoh brosur atau surat penawaran. Bisa anda pelajari juga pada postingan saya yang lain tentang copywriting.

Software untuk membuat ebook, video mau pun audio sudah saya sediakan pada CD yang sudah saya kirim ke rumah anda. Jika anda belum memiliki, silakan pesan. Klik rumussukses.com untuk memesan Paket CD Tutorial. Setelah Anda menjadikan semuanya dalm sebuah bentuk digital entah itu ebook, audio atau pun video, Selamat! Anda sudah siap menjadi pebisnis internet.

Tugas anda tentu tidak selesai sampai di sana…

Setelah produk Anda jadi dan siap dijual, masih ada banyak hal yang harus Anda kerjakan. Seperti kualitas surat penawaran, photo atau gambar yang memikat, mendatangkan pengunjung, dan lain-lainnya. Dan pastinya belum bisa saya share sepenuhnya, praktekan saja dulu apa yang sudah saya share di postingan ini. Jika ingin lebih lengkap silakan dapatkan panduan beserta peralatan lengkapnya di rumussukses.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar