Rabu, 27 April 2011

7 Hal Yang Terdapat Pada Manusia Sukses

Setiap orang ingin sukses, bagaimanapun caranya. Ada yang berkerja giat, belajar kepada orang yang sukses, mengikuti pelatihan-pelatihan, atau membaca buku. Dibutuhkan perjuangan untuk meraih sukses yang kita damba-dambakan. Tetapi untuk mewujudkannya, ada baiknya Anda mencontoh tujuh hal yang melekat pada pribadi orang-orang sukses. Philip Humbert menjelaslannya kepada kita, mari kita lihat.

  • Tingkat Pemahaman
    Hal pertama yang mengagumkan dari orang-orang sukses adalah tingkat pemahaman mereka atas diri atau pribadi mereka sendiri. Mereka pun merasa sangat nyaman dengan pilihan yang mereka buat dalam hidup mereka. Mereka tahu nilai-nilai dan tujuan hidup mereka. Ketika mereka melakukan kesalahan maka mereka akan menyesalinya, namun mereka mampu berdamai dengan masa lalu. Mereka juga optimis, penuh gairah, dan percaya diri dalam memandang masa depan.

  • Tujuan Yang Jelas
    Orang-orang yang sukses memiliki tujuan tertulis, rencana jangka panjang tertulis, apa yang harus mereka lakukan mulai dari 30 hari hingga 10 tahun kedepan. Contohnya, para atlit yang sukses memiliki target untuk mencapai skor tertentu. Sedangkan pemimpin bisnis menuliskan target penjualan mereka. Mereka semua juga memiliki tujuan pribadi dan tujuan keluarga yang dituliskan secara detail sebagaimana tujuan profesional mereka. Saran yang kita semua pernah dengar : Tulislah tujuan Anda, benar-benar bekerja dan bermanfaat.

  • Hubungan Yang Kuat
    Mereka semua memahami jaringan hubungan teman dan kolega mereka. Mereka memberikan penghargaan & apresiasi kepada pelatih atau teman yang pernah mengajari mereka segala sesuatu. Mereka juga membuka pintu kesempatan yang diperlukan. Mereka sangat berterimakasih dan menghargai bahwa kesuksesan adalah buah dari jalinan kemitraan dengan banyak orang yang berbeda selama bertahun-tahun.

  • Idealisme Yang Mengagumkan
    Hal yang cukup menonjol dari orang-orang sukses adalah idealisme mereka. Mereka semua ingin melakukan suatu perubahan, mengisi hidup ini dengan penuh tujuan dan makna, atau meraih sebuah mimpi. Mereka dimotivasi dengan gairah untuk menciptakan dunia yang lebih baik, menyumbangkan sesuatu, dan menolong orang lain.

  • Pragmatisme Yang Luar Biasa
    Seimbang dengan idealisme mereka, orang-orang yang luar biasa sukses ini ternyata juga amat praktis. Mereka fokus pada pemecahan masalah, menggunakan teknologi, informasi, dan keterampilan untuk meraih tujuan-tujuan terpenting. Mereka tidak tertarik pada teori-teori atau mempertahankan pilihan-pilihan masa lalu atau tradisi-tradisi tua. Mereka menginginkan cara-cara praktis untuk menolong mereka sendiri untuk meraih tujuan.

  • Rasa Ingin Tahu Yang Tinggi
    Mereka mongobservasi budaya, membaca surat kabar, membaca tentang industri mereka. Mereka pun mempelajari segala hal yang ada di sekitar mereka. Mereka membaca tentang politik dan agama. Mereka ingin tahu tentang bursa saham dan belajar memasak. Saya terkejut bahwa sebagian besar diantara mereka bukanlah ahli dibidang-bidang yang tersebut tetapi mereka amat terdidik, cerdas, dan penuh rasa ingin tahu.

  • Disiplin pribadi
    Mereka tidak mau mebuang-buang waktu dan membohongi diri mereka sendiri. Mereka tidak membesar-besarkan atau mengecil-ngecilkan suatu masalah. Mereka tidak menggeneralisir. Orang-orang ini amat sangat tepat saat mereka berbicara mengenai usia, hubungan, usaha atau impian-impian mereka. Angka dan tanggal, dollar dan sen, detail amat penting bagi mereka. Mereka mudah untuk diajak bicara dan jelas dalam berkomunikasi.

Setiap keterampilan diatas memang bisa dipelajari oleh semua orang. Tidak ada rahasia sukses. Sedangkan bakat, keluarga atau keberuntungan hanya sebagian kecil saja dari semua ini. Mengenai hal ketujuh, pada kalimat akhir (Mereka sangat berterimakasih dan menghargai bahwa kesuksesan adalah buah dari jalinan kemitraan dengan banyak orang yang berbeda selama bertahun-tahun), saya jadi teringat ketika menonton acara pak Mario Teguh di salah satu stasiun televisi. Diakhir acara beliau mengatakan sebuah kalimat yang luar biasa

Kesuksesan bukan diukur dari besarnya materi yang kita miliki, tetapi seberapa bermanfaatnya kita bagi orang lain.


Orang-orang yang sukses ini tahu apa yang mereka inginkan, dn menggunakan hubungan mereka, kerja keras, kesabaran, dan disiplin untuk mencapai hal yang luar biasa. Demikian juga Anda!! Pertanyaan saya, seberapa bermanfaatnya kita bagi orang lain?

1 komentar: