Senin, 18 April 2011

Ayam Unik, Satu Keturunan Berjari Sepuluh (10)

Satu turunan ayam yang dimiliki Iwan, warga Kampung Ciomas, Desa Karang Mukti, Kecamatan Cipendeuy, Subang, Jawa Barat, ini memiliki keunikan tersendiri. Ayam ini memiliki jari pada kaki sebanyak 10 buah.

Sepintas ayam-ayam tersebut tidak ada yang aneh, namun jika dilihat lebih seksama, kaki ayam-ayam ini memiliki sepuluh jari. Padahal, umumnya seekor ayam hanya memiliki jumlah delapan jari.

Menurut Iwan, pertama kali dirinya menemukan induk ayam tersebut secara tidak sengaja. Akhirnya ayam tersebut dipelihara hingga berkembang biak. Kini, seluruh keturunan induknya memiliki jari kaki yang melebihi dari jumlah jari kaki ayam biasanya.

“Pertama kali saya menemukan induk ayam unik ini secara tidak sengaja, karena unik saya langsung pelihara,” ujar Iwan.

Sebelumnya Iwan memiliki 10 ekor ayam unik ini termasuk induknya, jumlah jari kaki per ayam antara sembilan sampai 11 jari. Namun kini ayam unik ini hanya bersisa empat ekor saja, sisanya mati tanpa sebab. Seluruh ayam tersisa berjari 10.

“Sebelumnya saya sempat punya 10 ekor ayam, tapi entah kenapa yang lainnya mati,” ujarnya heran. Iwan mengaku belum berniat menjual ayam-ayam itu karena keunikannya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar