Senin, 18 April 2011

Proyek Solar Soldier: baju tentara dengan tenaga surya dan thermoelectric

Quote:
Quote:
Selalu menjadi dilema, mau punya sumber listrik yang besar bearti batrerainya juga harus besar (dan berat), kalau mau ringan, baterainya berukuran kecil tetapi kapasitasnya juga kecil.

Bisa dibayangkan bila seorang tentara kadang membawa baterai Lithium di medan perang yang beratnya sekitar 45 – 70 kg agar bisa menjalankan beberapa peralatan elektronik di medan perang.
Quote:
Quote:
Proyek Solar Soldier adalah sebuah proyek untuk membuat sebuah pakaian tentara dimana di dalamnya terdapat panel surya dan thermoelectric yaitu penghasil listrik dari perbedaan suhu tubuh dengan suhu luar.

Proyek yang diketuai oleh University of Glasgow yang bekerjasama dengan Loughborough, Strathclyde, Leeds, Reading dan Brunel Universities diharapkan dapat mengurangi berat baterai yang biasa dibawa sampai 50%.

Dengan panel surya dan thermoelectric di dalam pakaian diharapakan energgi listrik bisa terus dihasilkan sehingga kapasitas baterai tidak perlu terlalu besar.

Pada siang hari, energi listrik bisa dihasilkan melalui panas matahari sedangkan malam hari, energi listrik bisa dihasilkan melalui thermoelectric.

Selain akan menjadi lebih ringan bawaan para tentara, dengan adanya energi listrik yang berkesinambungan maka mereka tidak perlu bolak-balik ke markas mereka hanya untuk isi ulang baterai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar